Investasikan Otak Anda Cetak E-mail
(1 vote)

Jaga Fungsi Otak Sejak Dini agar Tetap Baik pada Usia Lanjut

Otak salah satu organ paling penting bagi tubuh manusia. Semua organ tubuh berada di bawah kendalinya. Hanya, dia tidak luput dari proses penuaan. Seperti kulit yang tetap akan keriput atau rambut yang tetap bakal beruban, begitu pula otak akan mengerut. Perubahan volume otak yang sangat cepat setelah usia 50 tahun ini dampaknya proses mengingat mulai menurun. Jadi, akan dianggap wajar ketika usia tersebut, para manula mulai pikun.

Buku karya dokter spesialis syaraf ini mengulas tuntas ihwal otak beserta langkah menjaga dan meningkatkan kualitasnya. Pembaca tidak perlu khawatir karena buku disajikan dengan gaya bahasa mudah dicerna.

Saat membayangkan menjadi tua, hampir setiap orang berfokus pada wajah yang mulai keriput. Namun, kualitas hidup nanti (termasuk kebahagiaan yang menunjang), sangat bergantung pada otak yang sehat dan produktif, bukan pada kulit keriput. Semulus apa pun kulit seseorang, sesehat apa pun gambaran usia senja nanti, tidak akan berkualitas baik jika otak tidak sehat (hal. xxxii).

Tidak ada kata terlambat. Berapa pun usia sekarang, otak masih dapat distimulasi untuk melawan pikun. Caranya antara lain, menjalankan pola hidup sehat dengan berolah raga. Sebab gerak badan dapat langsung menstimulasi otak! Olah raga menstimulasi produksi protein otak, Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF).

Protein BDNF berfungsi mempertahankan kelangsungan hidup sel syaraf. BDNF yang tinggi berhubungan dengan fungsi otak yang lebih baik (hal. 11). Selain aktivitas fisik, ternyata memperbanyak kegiatan sosial juga dapat meningkatkan fungsi kecerdasan otak.

Peran aktivitas sosial dalam menghambat kepikunan terletak pada rasa kepuasan dan “kesenangan” dalam berinteraksi sosial karena akan lebih bermanfaat dalam mempertahankan fungsi kognitif. Tentu, yang terpenting bukan pada kuantitas atau banyaknya teman, tetapi juga kualitas pertemanan yang mendukung kesukaan.

Masih banyak faktor yang mempengaruhi otak agar tetap sehat dan cerdas. Semua bergantung pada pola hidup sehat. Nah, di sinilah fungsi buku ini mengingatkan sikap, perilaku dan kebiasaan yang menyumbang risiko otak pikun.

Jika bicara tentang investasi, untuk meraih sukses di masa depan, tentu bertanam modal harus dimulai sedini mungkin dengan berorientasi jangka panjang. Bila ingin berinvestasi kecerdasan otak stimulasilah sebanyak mungkin saat pembentukan esensi otak pada 3 tahun hidup. Nutrisi yang baik untuk anak hanya sebatas pada pembentukan mielin (hal. 82). Buku menjabarkan faktor-faktor penting perkembangan otak anak.

Demensia Alzheimer adalah salah satu penyakit otak yang masih misterius dan belum ada satu pun obat yang efektif. Penyakit Alzheimer membuat kecerdasan otak lenyap secara progresif. Pada awalnya penderita menjadi pelupa. Akhirnya perilakunya terganggu, bahkan berhalusinasi sehingga membuat penderita tidak berdaya beraktivitas sehari-hari tanpa bantuan orang lain.

Maka, langkah untuk pertama menghadapinya dengan fokus mencegah dan mendeteksi sedini mungkin. Buku ini membuat pembaca menyadari betapa pentingnya menjaga otak tetap sehat sejak dini. Sebab, dengan telaten merawat ingatan, kelak di usia selanjut akan memetik hasilnya. Manusia bisa hidup tetap sehat dan produktif dengan otak berfungsi baik. (Ganda Rudolf - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI - OTAK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25169100

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit