Selamat Bercinta; 33 Renungan tentang Komitmen Cetak E-mail
(1 vote)

Perlu Komitmen dalam Melaksanakan Cinta

ReinventingSelamat Bercinta di sini bukan arah bersanggama, tapi ajakan berprakarsa dan menjadi pelaku utama mencintai dan dicintai. Orang harus menaruh belas kasih dan saling peduli. Dalam melaksanakan cinta diperlukan satu komitmen, tekad bukan hanya wacana untuk dilaksanakan. Pelaksanaannya berkelanjutan dan konsisten. Komitmen adalah kesediaan mengambil dan memikul suatu tanggung jawab yang sebetulnya tidak usah atau tidak harus ditanggungnya (hal. 10).

Cinta gombal itu gampang. Dalam hal ini, termasuk juga cinta kepada Allah yang mau bercinta dengan manusia. Namun kita cuma bergombal cinta. Cinta-Nya diingkari. Seperti air susu dibalas dengan air tuba dan itu menyakitkan, sehingga Dia mengeluh, “Mereka menimbulkan sakit hati-Ku” sebagaimana dalam Yeremia bab delapan ayat Sembilan belas.

Buku ini salah satu dari Seri Selamat sebagai paduan teologi dengan pedagogi dan psikologi sebagai bahan renungan. Buku-buku yang sudah terbit antara lain Selamat Bergumul berisi renungan tentang Iman. Selamat Bercinta sebagai seri ke-27 berisi 33 bab. Di antaranya, Asal-usul Kasih Setia, Melawan Lupa, Cinta Tergila-gila, Cinta Kawawin Suta, dan Bulan Promosi Cinta. Yang sering tidak dimegerti, cinta  justru diperlukan saat ditolak, diabaikan, dan dilukai.

Cinta atau kasih bukan hanya perasaan, tapi lebih-lebih perbuatan. Maka dalam bentuk asli cinta itu ditulis aktif (verba/kata kerja) bukan kata benda. Cinta aslinya mencintai (hal. 127). Untuk apa Allah mencari manusia? Bukan untuk dihukum, dimarahi, ataupun dikotbahi, melainkan untuk dicintai. Menurut Yesus, Cinta Allah itu mencari, bukan menunggu. Dia juga bukan cinta pasif dan spekulatif, tapi proaktif serta definitif (hal. 104).

Manusia waktu pacaran membuat komitmen untuk saling memaafkan, sabar, murah hati dan lainnya. Memaafkan dan sabar itu diperlukan terus. Saat kasmaran orang bisa memaafkan benci. Manusia harus belajar menyelesaikan suatu pekerjaan sampai tuntas. Dia juga harus belajar dicintai dan mencintai. Setiap orang perlu belajar menjadi dewasa secara kepribadian (hal. 14).

Selama masa pergaulan sebelum memutuskan untuk bersatu, pasangan dalam membina hubungan guna menjaga agar tetap saling pengertian. Bertahun-tahun berpacaran dan selama itu hubungan menyenangkan. Mereka merasa cocok satu sama lain, bahkan makin lama tambah mesra.

Pokoknya, dalam segala hal  berdua sejalan dan sehati. Akan tetapi beberapa tahun setelah menikah tampaklah kenyataan aslinya. Istri mau mengobrol, suami diam saja. Suami mau berhubungan, istri enggan. Istri mau menghadiri pesta, suami sebal. Akibatnya, hubungan suami istri sering tegang (hal. 109).

Pada akhirnya dicintai dan mencintai adalah kebutuhan dasariah setiap pribadi. Akan tetapi tindakan aktif dan pelaksanaan kebutuhan itu sering terabaikan. Komitmen merupakan prasyarat kesinambungan sebuah ikatan, misalnya, berkeluarga. Tapi bisa juga ikatan dalam  kerja. Komitmen cinta hanya akan bertahan dan utuh bila tetap bergantung pada Kristus, Sang Sumber Cinta Sejati. Dengan kata lain, cinta akan musnah bila lepas dari Gantungan. (Hotma Lumban Tobing - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Andar Ismail (2016), "Selamat Bercinta; 33 Renungan tentang Komitmen", BPK Gunung Mulia, 978-6022-312-92-5: 152 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
KRISTEN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
SCHOOL for the NEXT LEADERS
Sponsor
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 24478847

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit