Reinventing Cetak E-mail
(1 vote)

Mengelola Sumber Energi Sebagai Sarana Kemajuan Bangsa

ReinventingSalah satu aspek menentukan kemajuan bangsa adalah pengelolaan sumber energi. Pemerintah mengelolanya melalui penemuan sumber-sumber energi baru dan  pembelian dari negara lain. Jika sumber energi tidak terkelola dengan baik, kebangkrutan negara sewaktu-waktu bisa terjadi. Lihat saja kawasan Timur Tengah yang terus konflik sehingga negara tidak bisa optimal mengelola energi. Maka, meskipun mereka kaya minyak sebagai sumber energi, konflik menyebabkan kemiskinan.

Energi memang dilematis, di satu sisi menghidupkan, tapi juga mengancam dan mengubah dunia (hlm 1). Artinya, seluruh kehidupan suatu negara berawal dari energi untuk mencapai memakmurkan. Namun, di sisi lain, energi juga bisa menjadi petaka karena sering menjadi sumber konflik antarnegara. Sumber energi bisa menjadi konflik antarmasyarakat. Bahkan, teori kutukan sumber daya alam bukan isapan jempol. Negara dengan sumber daya alam dan energi melimpah justru mengalami ironi karena miskin lantaran banyak konflik memperebutkan sumber energi.

Kenyataan ini, misalnya, dapat dilihat dari era perang dingin. Kemudian kasus ISIS di Suriah dan Irak. Pemberontakan ISIS dibiayai dengan penguasaan ladang minyak di Suriah (hlm 25). Maka, pengelolaan minyak sumber energy pun menjadi konflik berkepanjangan yang berujung pada kemiskinan suatu negara.

Persoalan inilah yang disajikan dalam buku Reinventing. Di dalamnya juga dibahas posisi sumber energi bagi suatu negara. Maka, negara harus bijak dalam mengelola sumber energi, sehingga bisa dieksplorasi, dimanfaatkan, dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Buku secara mendetil membahas persoalan sumber energi Indonesia. Perlu ada perubahan dalam mengelola sumber energi guna menghadapi krisis. Bangsa perlu mengingat bahwa cadangan minyak nasional akan habis dalam 12 tahun ke depan. Demikian juga dengan gas akan habis 30 tahun ke depan dan batu bara  50 tahun kemudian (hlm 12).

Artinya, jika tidak ada perubahan tata kelola, maka sumber energi akan habis. Di sinilah, berbagai studi kasus perusahaan pengelola sumber energi seperti Badak Energi LNG dan PT Arun NGL dibahas agar masyarakat memahami persoalannya sangat krusial.

Pemerintah harus lebih baik lagi dalam mengelola. Sedangkan masyarakat harus lebih bijak dalam menggunakan energi. Dengan sinergisitas seperti ini kelangkaan sumber energi bisa diatasi. Dengan demikian ketersediaan energi tetap terjaga dengan baik untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. (Heru Kurniawan - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Rhenald Kasali (2016), "Reinventing", Mizan, 978-979-4339-33-6: 279 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28779089

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit