Hidup yang Lebih Berarti Cetak E-mail
(1 vote)

Ajakan Menjadi “Homo Homini Socius”

Hidup yang Lebih BerartiBuku ini kumpulan tulisan dari 20 blogger mengajak pembaca untuk hidup lebih bermakna dan bermanfaat bagi orang lain. Tak perlu menunggu menjadi kaya atau berpangkat untuk membantu orang lain. Yang penting ada kemauan. Buku ini menampilkan orang dalam keadaan terpuruk, tapi mampu bangkit, lalu menggerakkan lingkungan sekitar untuk berdikari bersama.

Para pengisi buku juga wirausahawan yang memulai bisnis dari nol. Mereka miskin teori dan pengalaman, sehingga harus jatuh bangun sampai sukses. Tak ada kamus menyalahkan zaman atau kondisi finansial negara. Krisis moneter 1998 yang meluluhlantakkan perekonomian justru momen titik balik (hal. 152). Pesan yang tersirat, perekonomian sektor riil senyatanya memegang peranan penting. Dia laksana tulang punggung ekonomi rakyat yang teruji bertahan dari segala macam krisis.

Pengusaha dituntut berjuang tanpa mengenal menyerah. Ada penjual tanpa ilmu marketing. Ilmu didapat kala berani keluar dari zona nyaman dengan terjun langsung ke dunia wirausaha. Modal memang penting, tapi tidak selamanya berarti uang. Modal juga bisa berupa pengalaman kerja dan keahlian. Bacalah kisah Suwono, pensiunan PNS Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ponorogo yang merintis usaha sedot WC. Pekerjaan ini tak jauh dari tugasnya dulu sebagai penyiram tanaman dan selalu berkutat dengan truk tangki (hal. 26).

Beberapa dari 20 sosok inspiratif tersebut merupakan mereka yang benar-benar menekuni wirausaha selepas purnabakti. Misalnya, Hanggono yang membuat getuk yang dengan telaten mempertahankan resep khasnya hingga bisa mempekerjakan puluhan tetangganya (hal. 10). Ini menunjukkan bahwa pascapensiun juga  bisa tetap produktif sehingga tidak menggantungkan hidup pada anak.

Poin penting buku kewirausahaan tidak melulu mengejar laba, tapi juga ikhtiar pemartabatan lingkungan. Mereka juga menularkan ilmu secara cuma-cuma lewat pelatihan. Ini misalnya dilakukan Bodro Irawan. Setelah sukses usaha fotokopi, warung internet, dan rental komputer, dia  membuka kursus gratis komputer (hal. 64).

Usaha yang dijalankan penuh keguyupan dan keakraban. Ada sisi lain yang memang tidak bisa diterima dengan pendekatan logika bisnis. Mereka mengajarkan bahwa sejatinya bisnis bisa dinikmati secara bersama-sama, kenyang semua.

Buku ini mengangkat sosok-sosok sederhana yang luput dari gebyar sorotan kamera dan publikasi. Biar pun demikian, mereka laksana mutiara-mutiara bagi lingkungan masing masing. Mereka memang bukan penemu, pencipta, atau penggerak yang menghasilkan dampak luas dan signifikan bagi masyarakat, tapi mampu menginspirasi orang lain. Semua bisa berkontribusi bagi pertumbuhan lingkungan.

Bacaan ini bisa menjadi daya dorong untuk mandiri dan berpartisipasi bagi pembangunan sekitar dalam rangka pemberdayaan mass-market. Semua demi berdikari secara bersama-sama agar orang miskin diberi kail. Inilah bukti hakikat kemanusiaan berkelindan dengan lembaga pembiayaan yang mempunyai basis permodalan dalam upaya peningkatan harkat hidup. Semoga saja para pencerita dalam buku ini menjadi sosok inspiratif sebagai sahabat/ penolong bagi sesama atau homo homini socius. Bukan sebaliknya, homo homini lupus (manusia menjadi serigala bagi sesama). (Muhammad Itsbatun Najih - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, 20 Blogger (2016), "Hidup yang Lebih Berarti", Elex Media Komputindo, 978-6020-279-78-7: 190 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI - BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
SCHOOL for the NEXT LEADERS
Sponsor
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 24478979

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit