Catatan Hati Seorang Gadis Cetak E-mail
(1 vote)

Orangtua Harus Cermat Menjaga Putri-putrinya

Catatan Hati Seorang GadisAlangkah baiknya andai para gadis dapat menikmati masa muda dengan ceria, penuh tawa, dan canda, meski diselingi sedikit kesedihan. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit di antara mereka rusak atau dirusak yang membuat masa depan suram. Mungkin kasus remaja Yuyun yang diperkosa 14 orang, salah satu gambaran mirisnya kehidupan remaja putri.

Buku ini disusun sebagai respons berbagai kenyataan hidup gadis muda yang (nyaris) hancur karena kesalahan memaknai cinta yang semu. Ada juga karena mereka salah bergaul, kehamilan di luar nikah, hingga dijual pacar menjadi prostitusi.

Bab pertama, ada cerita Ningsih, lulusan SMP yang tidak mau melanjutkan sekolah. Orangtuanya putus asa menasihati. Ningsih ingin mulai mempunyai uang sendiri untuk membeli baju bagus, kosmetik mahal, tas keren, handphone terbaru dan semua barang mewah yang dimiliki teman-temannya (halaman 4).

Akhirnya Ningsih mendapat pekerjaan sebagai salah satu pegawai di agen bus malam pinggir Jalan Pantura. Jalan hidupnya berubah setelah bertemu Hans yang menawari pekerjaan lebih enak dengan gaji menggiurkan. Pekerjaannya hanya duduk-duduk menemani pria-pria dalam ruangan karaoke. Ningsih bahagia karena semua pria memuji kecantikannya dengan pakaian minim. Sementara waktu, semua berjalan baik sehingga membuat Ningsih makin mantap dengan pekerjaan baru.

Orangtua Ningsih tidak suka dengan pekerjaan baru dan memaksanya pulang. Sayang, putrinya membangkang. Dia berpikir, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sampai suatu malam, dia dibuat mabuk oleh seseorang. Lebih naas, lima orang merenggut kegadisannya. Barulah Ningsih sadar, tempatnya bekerja sebuah lokalisasi berkedok karaoke (halaman 8).

Kemudian ada kisah Ayu, yang menjalani masa remaja dengan suka-sukaan, cinta monyet dan pacaran. Ia putus dengan pacar pertama lantaran berselingkuh. Karena kecewa, Ayu menjadi sering gonta-ganti pacar. Sampai akhirnya dengan Raka, Ayu melakukan kesalahan besar, kesuciannya terenggut. Setelah itu, Raka meninggalkan.

Ayu minta Raka menikahinya. Sayang, meski Ayu sampai bersujud-sujud, Raka tetap menolak. Ayu tetap memaksa dan akhirnya mereka menikah. Setelah menikah, Raka sama sekali tidak mau menyentuh Ayu. Tak lama kemudian, Raka menceraikan Ayu dan menikah dengan janda beranak satu (halaman 14).

Kisah Aina, gadis cantik, putih, dan berwajah imut menggemaskan, lain lagi. Aina berkenalan seorang laki-laki di Facebook. Akhirnya “kopi darat.” Cinta memang buta. Aina rela menyerahkan handphone, motor, bahkan mau dibawa kabur. Tidak hanya itu, Aina dijual. Masih banyak cerita nyata dari beberapa gadis lainnya.

Buku ingin mengingatkan gadis-gadis lebih berhati-hati dalam memaknai ‘cinta.’ Jangan sampai ‘cinta’ malah menjadi pintu jurang kehancuran. Buku juga ingin para gadis yang pernah menjadi korban pemerkosaan, atau pelecehan seksual lainnya, tidak lantas putus asa, apalagi sampai bunuh diri. Betapa pun kelamnya masa lalu, Tuhan masih memberi harapan untuk bangkit. Hanya, mereka perlu terus memperbaiki diri dan bersabar menunggu hari indah itu datang.

Selain itu, terselip juga harapan bagi para orang tua untuk dapat memetik pelajaran dari buku ini. Orangtua didorong lebih cermat memandang putrinya dan mencoba menyelami hatinya (halaman 256). Ketika mendengarkan anak bercerita, orangtua sebisa mungkin menempatkan diri pada posisi putri. Mereka akan nyaman bercerita segala sesuatu. (Siti Nuraini)

 

 

, Asma Nadia, dkk. (2016), "Catatan Hati Seorang Gadis", Asma Nadia Publishing House, 978-6029-055-42-9: 304 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
NOVEL DRAMA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
SCHOOL for the NEXT LEADERS
Sponsor
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 24478771

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit