Meraih Mimpi dengan Beasiswa Cetak E-mail
(1 vote)

Strategi Mengejar Pendidikan ke Luar Negeri

Meraih Mimpi dengan BeasiswaAbellia Anggi Wardani merupakan kandidat Doktor di usia 26 yang telah meraih lebih dari 10 beasiswa dalam dan luar negeri. Pengalamannya mendapat beasiswa lebih dari 10 tahun itu dituangkan dalam buku ini.

Buku terbagi ke dalam 7 tahapan: mempersiapkan diri mendapat beasiswa, mengenal jenis-jenis beasiswa dari berbagai negara/ instansi, mendaftar universitas, check list dokumen yang diperlukan, lulus tes bahasa, mempersiapkan keberangkatan dan memulai kehidupan baru.

Untuk persiapan perlu melihat potensi akademik dan nonakademik. Peraih beasiswa tidak hanya mengandalkan indeks prestasi komulatif tinggi, tapi juga kemampuan berorganisasi. Jiwa kepemimpinan menjadi salah satu faktor penting dalam pertimbangan pemberian beasiswa.

Namun, kepemimpinan tidak harus ditunjukkan dengan menjadi ketua. Sebab ada kepemimpinan tipe “konduktor orchestra,” yang selalu tampil di depan kelompok atau organisasi. Sedang tipe “sutradara teater,” lebih mengarahkan dan memastikan jalannya pertunjukan tanpa perlu hadir di depan khalayak (halaman 13). Hal inilah yang perlu digali agar dapat merepresentasikan diri dengan tepat dalam esai atau motivation letter yang akan dibuat.

Esai atau motivation letter berguna untuk menjelaskan keunggulan atau prestasi, motivasi, pengalaman, dan kerja keras yang sudah dilakukan guna diukur layak atau tidak mendapat beasiswa (halaman 23). Namun pelamar jangan menulis berlebihan. Yang penting mampu menjawab persoalan utama  dengan lugas.

Esai atau motivation letter harus dipertanggungjawabkan dalam wawancara. Pada tahap wawancara, yang perlu diketahui, pelamar harus dapat meyakinkan pemberi beasiswa, memiliki kepribadian baik. Dia persisten, sangat gigih berusaha, dan pantang menyerah meraih goal yang telah ditetapkan (halaman 17).

Kendati demikian, pelamar tidak harus menjadi orang lain. Menjadi diri sendiri dan menjawab pertanyaan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya lebih baik daripada berbohong. Pewawancara yang sudah pengalaman akan mengetahui, andai  pelamar sedang mengutarakan ketidakjujuran.

Mengejar beasiswa juga memerlukan kerja keras dan keberuntungan. Namun jika hanya mengandalkan keberuntungan, sama saja menantikan ketidakpastian. Seperti kata pepatah “Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha” (halaman 16). Hasil yang diperoleh sesuai dengan usaha yang telah dilakukan.

Kesempatan untuk mendapat beasiswa juga sangat terbuka bagi mereka yang sudah bekerja. Pengalaman kerja sangat diperhitungkan dalam penilaian seleksi. Bahkan, beasiswa-beasiswa prestisius mensyaratkan pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang tertentu. Institusi yang banyak memberikan beasiswa antara lain, Chevening, Stuned, dan Bank Dunia (halaman 15-16).

Tahapan selanjutnya dijelaskan secara rinci dan jelas. Pembaca akan mendapat gambaran yang lebih nyata terhadap proses-proses meraih beasiswa mulai dari mendaftar sampai cara bertahan hidup di negeri orang. Buku juga menyertakan cara menghemat agar bisa menabung untuk travelling. Ada juga tips jalan-jalan hemat ke berbagai negara. (Husnul Aini - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Abellia Anggi Wardani (2016), "Meraih Mimpi dengan Beasiswa", Stiletto Book, 978-6027-572-45-4: 227 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
SCHOOL for the NEXT LEADERS
Sponsor
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 24478757

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit