Dan Damai di Bumi! Cetak E-mail
(1 vote)

Melenyapkan Prasangka, Menyebarkan Kedamaian

Dan Damai di Bumi!Novel Dan Damai di bumi! terjemahan Und Friede auf Erden yang pertama kali diterbitkan di Freiburg, Jerman, 1904. Buku terdiri dari lima bab. Sama seperti karya Karl May lain, Winnetou I-IV, (1893) dan Im Lande des Mahdi (1896), buku ini ditulis sebagai catatan perjalanan beberapa negara.

Sebelum dibukukan, cerita ini diterbitkan berseri majalah di Jerman. Sebagian besar masyarakat Eropa mengganggap cerita Karl May ini sebagai kemenangan atas bangsa-bangsa. Ia menambahkan satu bab lagi untuk menegaskan bahwa tidak ada bangsa mana pun yang mengungguli warga lain.

Tokoh-tokoh novel adalah “aku” (Karl May) digambarkan bijak dan bertindak sebagai penengah dari setiap konflik. Sejjid Omar, muslim asal Mesir menjadi gembala keledai setia dan pintar, terutama dalam mempelajari bahasa asing. Waller seorang misionaris Amerika. Fu adalah penganut konfusius dan pemimpin kelompok perdamaian bernama “Shen.” John Raffley adalah bangsawan Inggris yang bijaksana. Sedang Dilke, keponakan Waller, sangat licik.

Karl May yang saat itu sedang berada di Mesir bertemu dengan Sejjid Omar dan Waller. Tujuan mereka kebetulan sama menuju Asia Timur. Waller berambisi “menobatkan” seluruh bangsa Asia, termasuk Tiongkok.

Bangsa Eropa tak hanya ingin mendapat harta Asia, tapi juga ingin menyebarkan agama. Dalam perjalanan, Waller bertemu Fu yang mahir menjelaskan persamaan antara ajaran Kristen, Konfusius, dan seluruh kepercayaan. Inti kesamaan ajaran tersebut, menurut Fu, “Takutlah akan Tuhan, Cintai sesama, dan hormati semua orang” (hlm 29).

Karl menuliskan beberapa bait sajak yang menuntun keseluruhan cerita hingga akhir. “Bawalah warta gembira ke seantero dunia. Tetapi tanpa mengangkat pedang tombak. Dan jika engkau bertemu rumah-ibadah. Jadikanlah ia perlambang damai antarumat. Berilah yang engkau bawa, tetapi bawalah hanya cinta. Segala lainnya tinggalkan di rumah. Justru karena ia pernah berkorban nyawa. Dalam dirimu kini ia hidup selamanya,” (hlm 116).

Karl May menciptakan alur yang padat dari bab pertama hingga kelima. Menariknya, novel ini tidak terlalu menekankan cerita pada aksi fisik seperti Old Surehand I-II (1894-1895) dan novel lainnya. Karl May lebih mengedepankan sisi psikologis tokoh dengan banyak dialog permenungan mengenai toleransi dan kedamaian di bumi.

Tak hanya itu, secara tersirat novel berhasil membongkar sisi lain kolonialisme, menyebarkan prasangka. Penjajah, lebih spesifik pemilik modal dan pemerintahan dengan mudah mengamankan kepentingan. Akan tetapi, prasangka merupakan penyakit yang mematikan karena dapat menghancurkan persatuan umat manusia. Hilangkan prasangka agar tercipta kedamaian di bumi.

Yang muncul dalam novel lebih banyak mengedepankan nilai-nilai Kristen, agama Karl May, tetapi tidak menjadi masalah karena sifatnya universal. Karl May menjadikan ceritanya sebagai alat untuk menyebarluaskan nilai-nilai perdamaian, persahabatan, pengampunan, dan toleransi.

Buku ditulis selama dia menyusuri Asia Tenggara dan Timur 1989-1900 layak dibaca. Kelompok masyarakat di sini banyak merasa ajaran agama atau sukunya paling benar. Ini dapat merusak persatuan. (Virdika Rizky Utama - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Karl May (2016), "Dan Damai di Bumi!", Kepustakaan Populer Gramedia, 978-979-91-0991-0: 599 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL DRAMA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25192999

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit