Misteri Soliter Cetak E-mail
(1 vote)

Keanehan-keanehan dalam Perjalanan Ayah dan Anak

Misteri SoliterJostein Gaarder, penulis novel Dunia Sophie, kali ini meluncurkan ‘kisah’ filsafat dalam setumpuk kartu remi. Lewat kartu remi, petualangan seorang anak dan ayahnya untuk mencari ibu diwarnai berbagai filosofi dalam novel Misteri Soliter. Tokohnya, Hans Thomas, ketika berumur empat tahun ditinggal ibu pergi ke Athena untuk mencari jati diri.

Saat usia 12, Hans mendapati foto ibu terpampang di majalah yang dibeli bibi. Ibu menjadi model di Athena. Hans dan ayahnya, Pa, lalu meninggalkan Arendal ke Athena. “Kita harus membawanya pulang ke rumah, Hans Thomas. Kalau tidak, aku takut dia akan tenggelam dalam dongeng mode ini,” kata Pa (hal. 28).

Dalam perjalanannya, Pa banyak nyekoki Hans dengan kata-kata filososi. Pa membeberkan teori-teori tentang kehidupan, dewa-dewi, dan alien. Ada juga cerita kakek-nenek Hans yang menjadi salah satu cerita paling penting dalam hidupnya.

Di perbatasan Swiss, keduanya bertemu manusia bertubuh kurcaci yang memberitahu jalan pintas agar sampai ke Venesia lebih cepat. Kurcaci itu juga menyarankan bermalam di Dorf. Dari sanalah Hans mendapat sebuah kaca pembesar dan kejadian-kejadian aneh mulai bermunculan.

Hans menemukan sebuah toko roti kecil yang buka pada malam hari di Dorf. Seorang pria tua mengajaknya masuk, dan memperkenalkan diri sebagai pemilik toko roti tersebut. Ia memberikan Hans empat roti kadet. Satu yang paling besar berisi buku berukuran sangat kecil berjudul Soda Pelangi dan Pulau Ajaib (hal. 61).

Di dalam buku itu diceritakan seorang pemuda bernama Ludwig yang bertemu tukang roti tua, Albert Klages. Albert bercerita tentang pengalamannya di Dorf. Ia bertemu Hans, tukang roti saat umur 12. Mereka bersahabat dengan cepat. Bahkan Albert dijanjikan sebuah minuman seribu kali lebih lezat yang ternyata ramuan ajaib soda pelangi (hal. 98).

Esok malamnya, Hans tukang roti menceritakan pada Albert tentang asal-usul soda pelangi. Ia juga menceritakan pengalaman tenggelam dan hampir mati ketika berlayar naik kapal Marie. Tukang roti itu mendayung sampai di sebuah pulau. Ia bukan hanya menemukan ramuan soda pelangi, di pulau itu, tapi juga menemukan 52 kurcaci dengan empat gambar dan 52 angka berbeda. Ini tepat seperti satu set kartu remi. Ada keriting, wajik, hati, sekop, dan seorang Frode yang mengungkapkan rahasia di balik pulau ajaib. Di luar itu semua, satu Joker membuat keadaan pulau menjadi kacau (hal. 272-278).

Buku itu tanpa sadar membuat Hans paham akan alasan Pa mengoleksi kartu Joker. Ia seperti berhalusinasi melihat kurcaci mengintip dirinya dan Pa. Ibunya pergi untuk mencari jati diri dan tak kembali lagi. Juga alasan Hans mengalami hal-hal aneh selama perjalanannya hingga kembali ke Arendal.

Berbagai masalah dalam novel dikuak dan dikupas dari sudut pandang filsafat. Lewat perjalanan Hans dan Pa, serta kisah tukang roti, pembaca dapat menikmati serunya eksplorasi kehidupan dalam Misteri Soliter. (Ajeng Damara Erfatia - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Jostein Gaarder (2016), "Misteri Soliter", Mizan, 978-979-433-903-9: 484 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
NOVEL FIKSI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
SCHOOL for the NEXT LEADERS
Sponsor
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 24478972

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit