The Magic Library; Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken Cetak E-mail
(1 vote)

Mengajarkan Mencintai Buku dan Menulis kepada Anak-anak

The Magic Library; Perpustakaan Ajaib Bibbi BokkenJostein Gaarder adalah penulis Norwegia yang karya-karyanya telah banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Sisi paling menarik dari karya-karyanya, mengangkat tokoh anak dan remaja serta memberi nuansa reflektif.

Dalam karya bersama Klaus Hagerup ini, tokoh remaja kembali tampil sebagai pemeran utama. Novel ini mengambil tema ringan, tentang dunia kepenulisan dan perbukuan. Cara penyajiannya khas Gaarder: berlapis, mengandung unsur cerita detektif, misteri, dan petualangan khas anak-anak remaja.

Novel berkisah tentang dua saudara sepupu, Berit dan Nils, yang tinggal di kota yang berbeda di Norwegia. Keduanya berkorespondensi menggunakan buku-surat via pos. Nah, bersamaan dengan awal saling berkirim surat itu, Berit dan Nils mengalami beberapa kejadian aneh berhubungan dengan seorang perempuan misterius.

Di sebuah toko buku, perempuan misterius, yang belakangan diketahui bernama Bibbi Bokken itu, membayari buku yang dibeli Nils dan tampak ngiler memandangi. Sementara Berit secara tak sengaja menemukan dan membaca surat untuk Bibbi Bokken dari seseorang yang menyinggung soal “perpustakaan ajaib” serta “buku yang akan terbit tahun depan di Norwegia” (hlm 11-15).

Kemudian buku-surat Berit dan Nils dipenuhi tema misterius. Semakin tebal misteri yang menyelimuti beberapa kejadian terkait Bibbi Bokken, Berit dan Nils tambah penasaran. Ada dugaan Bibbi Bokken, yang kadang disebut Nyonya dan Penyihir Buku, bersama komplotannya sedang mengincar buku-surat Berit dan Nils. Itu tampak terbungkus dalam sebuah rencana rahasia berbau konspirasi terkait Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken dan dunia perbukuan di Norwegia.

Uniknya, dan ini khas Gaarder, di sepanjang petualangan bak detektif penuh misteri, banyak tersaji ke hadapan pembaca tentang dunia perbukuan dan kepenulisan. Berit dan Nils dalam buku-suratnya berbicara tentang Winnie the Pooh karya AA Milne. Kemudian tentang penulis buku anak-anak dari Swedia Astrid Lindgren. Lalu Anne Frank yang meninggal di usia remaja sebagai korban Perang Dunia II dengan catatan hariannya yang kemudian cukup melegenda (hlm 36-52).

Surat-surat Berit dan Nils serta alur novel juga banyak menyajikan pengenalan tentang dunia perbukuan dan perpustakaan. Misalnya, sistem klasifikasi desimal Dewey untuk memudahkan kategori (hlm 63-66). Ada juga dialog dan pemaparan sejarah penerbitan, penemuan mesin cetak pada Revolusi Gutenberg dst (hlm 215-219).

Novel memang tepat sebagai “sebuah surat cinta kepada buku dan dunia penulisan” yang diberikan sebuah terbitan di Jerman. Novel sengaja disusun untuk mempromosikan budaya baca-tulis dan mengenalkan lika-liku kepustakaan serta kepenulisan.

Strategi tekstual yang dimainkan cukup kena dan cocok untuk segmen pembaca yang disasar. Karya ini juga  menyelipkan pesan cinta buku dan menyuguhkan pesona karya-karya dunia aksara dalam jalinan kisah misteri petualangan. (M Mushthafa - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Jostein Gaarder and , Klaus Hagerup (2016), "The Magic Library; Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken", Mizan, 978-979-433-924-4: 284 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL FIKSI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25193001

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit