Cara Mudah Asah Otak Anak Cetak E-mail
(1 vote)

Mengasah Kecerdasan Anak Sejak Balita

Cara Mudah Asah Otak AnakOtak salah satu organ penting kecerdasan. Sementara, usia emas anak (golden-age) masa yang tepat menstimulasinya. Anak belajar dari situasi yang dialami, dirasakan, dilihat, dan didengar. Mereka mampu belajar banyak. Kegiatan kreatif dan edukatif akan memberi konsep pengetahuan baru di luar dugaan.

Menurut buku ini, ada berbagai kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa mengasah kecerdasan sejak balita. Salah satunya mengajak anak bercermin. Bayi yang baru lahir pada dasarnya sudah bisa melihat wajah atau benda dengan jarak tidak lebih dari 30 sentimeter. Bercermin mengembangkan kecerdasan otak kanan.

Awalnya, bayi akan menatap diri pada cermin dengan ekspresi lucu seperti mata membesar dan gerak-gerik menandakan penasaran. Sebenarnya, dia mencoba membangun hubungan dengan “orang lain” pada cermin. Anak di bawah 9 bulan pada umumnya tidak tahu, yang dilihat adalah dirinya. Setelah 9 bulan, dia akan menyadari yang dipandangi selama ini mukanya sendiri.

Saat bercermin, dia mulai mengembangkan kesadaran diri, khususnya wajah dan anggota tubuh. Dia juga belajar mengontrol dan mengenali ekspresi wajah tersebut. Manfaat lainnya membantu rasa percaya diri anak. Saat bercermin, orangtua sebaiknya mengenalkan nama-nama anggota tubuh secara tepat (hlm 43-46).

Selain itu, orangtua bisa mengajak anak balita bermain bola. Manfaatnya lebih terasa ketika didampingi daripada dibiarkan bermain sendiri. Permainan bola meningkatkan kinerja otak kanan dan kiri. Bermain bola membantu perkembangan koordinasi mata dan tangan serta mengembangkan kemampuan motorik kasar secara keseluruhan (hlm 48).

Sedangkan membacakan cerita bisa dimulai saat bayi berumur 6 bulan dengan suara yang cukup bisa didengar. Kebiasaan ini dilakukan setiap hari agar kosakata anak melimpah. Tak perlu pusing memutuskan tema cerita. Pada periode ini bayi lebih tertarik pada irama suara yang didengar, daripada isi kalimat. Jadi, bacaan apa pun tidak masalah, asalkan positif.

Kebiasaan lain mengajak bayi berjalan-jalan untuk melatih organ penglihatan. Anak berusia 3-4 bulan sudah bisa melihat dengan jernih. Rangsangan dari luar memperkaya persepsi terhadap lingkungan. Biasakanlah pula memperdengarkan musik klasik pada awal-awal kelahiran karena dapat merangsang kecerdasan otak kanan.

Sedangkan memainkan alat musik bisa diajarkan sejak anak berusia 2 tahun. Kerap dilihat anak balita memukul-mukul benda sampai mengeluarkan bunyi. Hal itu ekspresi jiwanya yang menyukai bunyi-bunyian. Para ahli perkembangan anak menganjurkan pemberian alat musik pukul dan mengajarkan. Piano dan biola bisa dilatihkan karena akan meningkatkan stimulasi aspek kognitif anak.

Kecerdasan otak kanan si kecil bisa pula dirangsang dengan mengajarkan bernyanyi, menggambar, melukis, mewarnai, bermain puzzle, serta memberi nama barang-barang. Pengasahan kecerdasan otak kiri dengan tebak gambar, bermain petak umpet, memperdengarkan radio, bermain teka-teki silang, memperkenalkan peta, mengajarkan berenang, bersepeda, ke pantai, dan memasak.

Batasan usia minimal mulai melakukan semua itu dan strategi sesuai taraf umur anak dijelaskan detail buku. Sejak balita, anak seyogianya juga mulai diajak berkebun agar terlatih merawat dan mencintai lingkungan. Anak bisa mengetahui sifat, jenis, cara memperlakukan tanaman, dan proses tananam itu tumbuh. Hal ini merangsang kecerdasan otak (hlm 183).

Buku ini juga mengingatkan pentingnya asupan gizi yang seimbang sebagai penunjang pertumbuhan kecerdasan otak putra-putri sejak dini. (Armawati)

 

 

, Yuli Astuti (2016), "Cara Mudah Asah Otak Anak", Flash Books, 978-6023-911-21-9: 200 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN ANAK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25193051

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit