Inspirasi Sukses dari Sepak Bola Cetak E-mail
(1 vote)

Meraih Kesuksesan dengan Belajar dari Sepak Bola

Inspirasi Sukses dari Sepak BolaKesuksesan tidak datang tiba-tiba, ibarat jatuh dari langit begitu saja. Dia harus diperjuangkan dengan ketekunan, semangat, kesabaran, optimisme, dan disiplin. Orang harus tidak pernah berhenti belajar dari orang sukses di berbagai bidang seperti organisasi persepakbolaan.

Buku ini menggali rahasia sukses dengan belajar dari dunia sepak bola. Banyak sekali pelajaran positif, terutama untuk meraih kesuksesan, yang bisa diambil dari dunia sepak bola. Misalnya, terkait dengan manajemen tim, kemampuan individu, komunikasi, dan mental juara (hal. 135).

Dalam manajemen tim sepak bola, pelajaran penting antara lain menentukan target dan strategi. Setiap menjelang kompetisi, semua klub sepak bola menentukan target. Ada yang mempunyai ingin menjuarai kompetisi. Ada pula dengan target hanya tetap berada di papan tengah klasemen. Ada juga yang memiliki target tidak terlalu muluk, yaitu asal tidak terdegradasi ke divisi yang lebih rendah. Target berbeda-beda ini dipengaruhi beragam faktor  (hal. 135).

Langkah selanjutnya menentukan strategi. Di sinilah fungsi signifikan pelatih mulai diuji. Peran pelatih dalam menentukan dan menerapkan strategi untuk mencapai target sangat penting. Untuk memuluskan strategi yang berjalan di lapangan ketika bertanding, diperlukan pelatih yang mampu membaca karakter tiap pemain. Selain itu, pelatih yang mumpuni juga harus bisa mengetahui karakter lawan main  yang akan dihadapi anak asuhnya. Dia harus bisa menerapkan strategi  tepat  menghadapi lawan (hal. 136).

Maka penting bagi seorang pelatih untuk memilih pemain terbaik untuk masuk ke dalam skuat. Dalam organisasi perusahaan, strategi klub dalam memilih pemain bisa ditiru. Seperti  klub yang harus mencari dan meletakkan pemain tepat yang dianggap bisa memuluskan jalan mencapai target, perusahaan pun bisa menggunakan teknik pemilihan karyawan ala klub sepak bola (hal. 139).

Pilihlah karyawan bintang untuk mengisi posisi-posisi tertentu. Seperti pemain bintang dalam sebuah klub, pilihlah karyawan bintang yang bisa berkontribusi signifikan bagi perusahaan. Kemudian tempatkan karyawan yang tepat sesuai keahlian. “The right person in the right place.” Dalam sepak bola seorang pemain depan akan ditempatkan sebagai penyerang. Jika pemain depan ini dipindah ke belakang tentu akan memengaruhi permainannya karena  tidak sesuai dengan passion dan karakter bermainnya yang menyerang (hal. 139-140).

Dengan mendapat orang terbaik dan ditempatkan di posisi tepat, sebuah tim, organisasi, atau perusahaan akan sukses meraih target dan menjalankan strategi. Namun, ini belum cukup. Perlu kerja sama tim (team work) yang solid. Untuk bisa membentuk team work yang baik harus memiliki fondasi kuat. Mimpi bersama untuk meraih kemenangan bisa menguatkan fondasi team work (hal. 147).

Ulasan pelajaran meraih sukses dari sepak bola memang lebih banyak disampaikan pada bagian akhir. Sementara di bagian-bagian awal lebih banyak menceritakan fenomena sepak bola. (Nur Faridah - sumber: www.koran-jakarta.com

 

 

, Iwel Sastra (2016), "Inspirasi Sukses dari Sepak Bola", Gemilang, 978-6027-150-36-2: 236 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
SCHOOL for the NEXT LEADERS
Sponsor
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 24478901

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit