Bertanam Cabai Rawit dalam Pot Cetak E-mail
(63 votes)
Judul: Bertanam Cabai Rawit dalam Pot
Penulis: Ir. Purwono, MS dan Tim Lentera
Penerbit: AgroMedia Pustaka
Tahun: 2006
Genre: Hortikulura
Tebal: 66 Halaman
ISBN: 979-3357-65-7
Bertanam Cabai Rawit dalam Pot

 

 

 

 

 

 

“Kecil-kecil si Cabai Rawit”, sebaris peribahasa tua yang sering kita dengar jika seseorang mengalamatkan rasa apresiasi dan hormatnya kepada satu karakter positif yang berperawakan relatif kecil dan/ atau berusia relatif muda, namun memiliki keberanian lebih, rasa percaya diri tinggi, cerdas, cermat, mudah bergaul, bervokal “pedas”, dan sebagainya.

Begitu hebatnya buah yang mudah tumbuh dan beradaptasi dengan lingkungan tempat tumbuhnya tersebut, sehinga sering dijadikan simbol untuk seseorang atau tokoh yang hebat tadi.

Apa sebenarnya di balik misteri buah kecil yang dapat memberikan sensasi panas kepada kulit ataupun jaringan lain begitu terkontak langsung. Bahkan, dapat menimbulkan iritasi hebat pada kulit mamalia termasuk manusia, dikarenakan suatu komponen aktif –Capsaicin– yang terkandung dalam si cabai tersebut. Yang secara kebetulan memang cabai rawit mengandung zat Capsaicin lebih banyak dibanding dengan anggota keluarga cabai yang lain.

Para pasukan rawit ini merupakan salah satu budidaya tanaman kebun, atau Bahasa ilmiahnya adalah Hortikultura, diambil dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura (budidaya). Hortikultura sendiri adalah suatu proses kerja salah satu bidang pertanian (hanya untuk pengolahan tanaman buah, bunga, dan sayuran) yang meliputi pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, pemanenan, pengemasan dan pengiriman.

Buah kecil nan imut yang secara umum terdiri dari 3 jenis, yaitu cabai rawit kecil (merah), cabai rawit putih, dan cabai rawit hijau memiliki zat gizi yang terkandung dalam masing-masing buahnya, antara lain Karbohidrat, Serat, Fosfor, Vitamin A, B, C, dan K. Beberapa cara pemanfaatannya sebagai bumbu dapur, pengobatan tradisional, atau bisa juga dikonsumsi langsung dengan makanan ringan (gorengan), dan lain-lain, diulas dalam buku setebal 66 halaman ini.

Secara keseluruhan dan gamblang, buku yang mempermudah pembaca dengan ilustrasi-ilustrasi foto dan sampul apik ini memberi bantuan ilmu dan pengetahuan praktis dari ahlinya langsung mengenai bagaimana bertanam cabai rawit dalam pot atau wadah sederhana lainnya. Mengenal cabai rawit lebih jauh, dimulai dari sejarah tanaman cabai, klasifikasi cabai, ilmu tentang bentuk cabai yang mencakup bagian-bagiannya, hingga jenis-jenis cabai rawit adalah bagian introduksi dalam buku.

Untuk kali ini, penulis yang juga adalah Dosen di jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian IPB –Ir. Purwono, MS– dibantu oleh Tim Lentera (Sebuah lembaga pengadaan naskah dan literatur), sangat berhasil mengulas topik cabai rawit dengan masuk ke dalam dunianya langsung mengenai pemahaman dari faktor-faktor yang menjadi syarat tumbuh, tatacara bertanam dalam pot, perawatan, pengendalian hama dan penyakit, cara panen, hingga pengolahan pascapanen.

Sebagai penambah semangat untuk belajar dan bertanam cabai rawit dalam pot, pun perlu diketahui bahwa harga cabai rawit di pasar lokal maupun internasional adalah termasuk yang paling sensitif dan fluktuatif –terlebih menjelang setiap hari raya khususnya di Indonesia. Nah, kenapa tidak memanfaatkan waktu luang kita sekarang untuk mulai memenuhi kebutuhan keluarga pribadi akan cabai rawit. At least, kita tidak usah repot mencari apalagi membeli, ketika sore hari hendak ngemil tahu goreng dan menikmati teh hangat dengan anggota keluarga. (IF)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (2)add comment

Margareth said:

 
Thank You very much untuk ilmunya,
memang perlu kita tanam cabe pot sendiri.
Harga cabe disini sudah 100ribu per kilo smilies/grin.gif
January 05, 2011

Margareth said:

 
smilies/cheesy.gif Thanks ya untuk ilmu percabeannya...
Memang perlu punya tanaman cabe sendiri karena
harga cabe sekarang sudah 100ribu per kilo smilies/angry.gif
January 05, 2011

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Bagi Para Penerbit - silahkan kirimkan katalog buku terbaru ke : redaksi@wisata-buku.com

Google

Didukung oleh:

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

Explore Indonesia with AWIRA Tours & Travel

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
HORTIKULTURA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus nih ...
Kumpulan Status Facebook Paling Seru
wkwkwkw......
Petualangan Tintin; Penerbangan 714 ke Sydney
wow komik ...
Orang Kreatif Selalu Eksis
Pengen suk...
Kisah Sukses Google; Bisnis, Media, dan Teknologi ...
check thiz...
Google Dorks; Senjata Hacking dengan Google
pertamax.....
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
G O O G L E

“Organizing the world's information and make it universally accessible and useful.”

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
K o m u n i t a s P e n d u k u n g

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit

 

Powered & Inspired by OS Initiative Version 1.0 Released | Best viewed with Mozilla Firefox | Terms and Privacy Policy under which this service is provided to you.