Dasar-Dasar Meresensi Buku Cetak E-mail
(19 votes)

Judul : Dasar-Dasar Meresensi Buku 
Penulis: Daniel Samad
Penerbit : Grasindo
Tahun: 1997
Genre : Hobi
Tebal: 84 Halaman 
ISBN: 979-669-096-9

Dasar-Dasar Meresensi Buku

 

 

 

 

 

 

Apa itu Resensi?

Resensi berasal dari kata latin revidere dan recensere. Artinya melihat kembali, menimbang atau menilai. Dalam bahasa Belanda dikenal dengan recensie, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah review.

Meresensi buku berarti mengulas sebuah buku dengan memberikan penilaian, mengungkap sebagian isi buku, membahas, dan mengkritik isi buku.

Apa hanya buku saja yang dapat diresensi?

Tentu saja tidak. Sebenarnya bidang garapan resensi cukup luas. Apabila diklasifikasikan ada tiga bidang garapan resensi. Pertama, yaitu buku, baik itu fiksi maupun nonfiksi. Kedua, pementasan seni, seperti film, sinetron, tari, drama, musik, dan kaset. Ketiga, yang berhubungan dengan pameran seni, baik seni lukis maupun seni patung.

Tujuan resensi buku, menurut penulis buku ini adalah memberikan informasi tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku. Di samping itu, resensi buku juga mengajak pembaca untuk bisa memikirkan dan merenungkan lebih jauh fenomena  yang muncul dalam sebuah buku, sehingga pembaca dapat mempertimbangkan apakah sebuah buku pantas mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.

Berbeda dengan tulisan-tulisan seperti: berita, opini, artikel, kolom, laporan mendalam, dan karangan khas atau feature. Dari sisi pesan, kadar informasi dari tulisan resensi lebih tahan lama. Maksudnya, jika resensi tidak layak muat atau dikembalikan oleh pihak redaksi media cetak, resensi masih dapat dikirim ke media cetak lain.

Buku yang terdiri dari 5 bab ini menguraikan apa itu hakikat dari resensi dan bagaimana membuat resensi yang baik. Dari buku ini, anda pun akan dengan mudah dapat memahami kiat-kiat menulis resensi buku yang diinginkan oleh redaksi. Sebab, secara umum buku ini telah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi kendala bagi seorang penulis pemula. Semua jawaban itu disuguhkan oleh Daniel Samad dengan cara dan gaya yang khas, ringan serta populer. Apalagi isi buku karya Daniel ini juga disisipi ilustrasi gambar kartun yang bersifat menghibur, sehingga pembaca menjadi bergairah dan tergerak untuk mengikuti lebih jauh apa yang menjadi tujuan buku ini secara rileks.

Di dalam, ada juga contoh-contoh tulisan resensi yang pernah dimuat di media cetak lokal maupun nasional. Dengan demikian anda dapat mempelajari gaya tulisan yang kiranya memenuhi standar media cetak masing-masing.

Selanjutnya?

Kalau anda gemar tulis menulis atau mungkin ada keinginan untuk menjadi spesialis penulis resensi, mulailah dari sekarang! Sebab ada lagi satu keuntungan ganda yang tidak dimiliki oleh jenis tulisan lain. Yakni, dari segi finansial jika resensi kita dimuat, kita tidak menerima honor dari media cetak saja, akan tetapi juga dari penerbit buku. Ini kalau copy resensi itu dikirimkan ke penerbit. Minimal mendapat buku baru (jika penerbit tidak bersedia memberi honor). So, lumayan koleksi buku anda bertambah tanpa harus membeli. 

Nah, sebagai panduan untuk berkarya, anda memang perlu baca buku ini. (muluk)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Bagi Para Penerbit - silahkan kirimkan katalog buku terbaru ke : redaksi@wisata-buku.com

Google

Didukung oleh:

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

Explore Indonesia with AWIRA Tours & Travel

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
HOBI - MENULIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus nih ...
Kumpulan Status Facebook Paling Seru
wkwkwkw......
Petualangan Tintin; Penerbangan 714 ke Sydney
wow komik ...
Orang Kreatif Selalu Eksis
Pengen suk...
Kisah Sukses Google; Bisnis, Media, dan Teknologi ...
check thiz...
Google Dorks; Senjata Hacking dengan Google
pertamax.....
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
G O O G L E

“Organizing the world's information and make it universally accessible and useful.”

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
K o m u n i t a s P e n d u k u n g

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit

 

Powered & Inspired by OS Initiative Version 1.0 Released | Best viewed with Mozilla Firefox | Terms and Privacy Policy under which this service is provided to you.